Dari Teori ke Praktik: Pelatihan MYP Bikin Guru Makin Siap Hadapi Tantangan Global
LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
06 Jul 2025 04:22:28

Purwokerto, 3 Juli 2025 — Dalam rangka mewujudkan pendidikan menengah yang adaptif terhadap kebutuhan abad ke-21 dan selaras dengan nilai-nilai Islam, Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP) Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menyelenggarakan pelatihan intensif bertema “Developing Middle Years Programme (MYP)”. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis, 3 Juli 2025, sejak pukul 07.00 hingga 16.30 WIB, di lantai 3 Gedung SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Pelatihan tersebut dirancang khusus bagi para pendidik jenjang SMP, baik dari unit Reguler maupun AABS, yang akan mengimplementasikan kurikulum MYP pada tahun ajaran 2025/2026 mendatang. Program ini diikuti oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI, guru mata pelajaran umum, hingga pustakawan, yang semuanya dibagi ke dalam tiga kelompok kerja berdasarkan kelas X-D, X-F, dan X-G.

Hadir sebagai narasumber adalah seorang Konsultan MYP berpengalaman, yang menyampaikan materi secara komprehensif mengenai filosofi MYP, kerangka kurikulum, strategi pembelajaran berbasis inquiry, integrasi Approaches to Learning (ATL), serta metode penilaian autentik yang mencakup asesmen formatif dan sumatif.

Sesi pelatihan dikemas dalam bentuk paparan interaktif, diskusi kelompok, serta praktik pengembangan unit pembelajaran berbasis MYP. Para peserta diwajibkan membawa perangkat laptop dan buku ajar sebagai bagian dari kesiapan mengikuti sesi yang bersifat hands-on. Hal ini bertujuan agar proses internalisasi konsep MYP dapat segera diimplementasikan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas masing-masing.

Kegiatan diawali dengan sambutan pembukaan dari pihak LPP Al Irsyad Al Islamiyyah yang menekankan pentingnya transformasi kurikulum sebagai respons atas dinamika global dan kebutuhan generasi muda yang semakin kompleks. Dalam sambutannya, perwakilan LPP menyampaikan bahwa pendekatan MYP dipilih karena memberikan keseimbangan antara pencapaian akademik, penguatan karakter, serta pembentukan keterampilan hidup (life skills) yang relevan di masa depan.

Atmosfer pelatihan terasa antusias dan produktif. Para pendidik menunjukkan semangat tinggi dalam mengeksplorasi praktik-praktik pengajaran inovatif yang menempatkan siswa sebagai subjek aktif dalam proses belajar. Diskusi-diskusi mendalam pun terbangun, terutama dalam menyusun unit pembelajaran yang terintegrasi lintas mata pelajaran serta mengedepankan nilai-nilai islami dalam konteks global.

Pelatihan “Developing MYP” ini merupakan langkah strategis LPP dalam membangun kultur sekolah yang reflektif, kolaboratif, dan berorientasi pada learner agency. Diharapkan, melalui program ini, para guru tidak hanya mampu menjalankan MYP secara struktural, tetapi juga memiliki komitmen kuat dalam menghidupkan nilai-nilai inti kurikulum melalui pembelajaran bermakna yang membentuk karakter siswa.

Kegiatan ini juga sejalan dengan visi LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam integrasi ilmu dan nilai Islam, serta mampu mencetak generasi berakhlak mulia, mandiri, dan siap menghadapi tantangan global dengan semangat islami.

Sebagai tindak lanjut, LPP akan melakukan pendampingan berkala terhadap para guru dalam menyusun unit planner, melakukan penilaian autentik, serta mengembangkan strategi diferensiasi pembelajaran yang inklusif dan berpihak pada siswa.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menegaskan komitmennya untuk terus bergerak maju, menyongsong masa depan pendidikan yang lebih holistik, relevan, dan transformatif.