Pembiasaan Ibadah Saat MPLS

15 Jul 2019 09:50:49

PEKAN ini adalah pekan pertama siswa-siswi kembali masuk sekolah di tahun ajaran baru 2019/2010. Demikian pula dengan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto hari-hari pertama siswanya masuk diisi dengan program MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Khusus siswa kelas satu dilaksanakan selama satu bulan, sedangkan siswa yang naik ke kelas 2-6 dilaksanakan selama 3 hari dengan fokus pembiasaan ibadah.

Materi MPLS dikemas sedemikian rupa melalui permainan interaktif serta penggunaan peraga yang mendukung. Selain materi umum seperti, ketahanan sekolah, tata tertib, kontrak belajar, komitment dan pemilihan ketua kelas pada masa MPLS ini juga ditekankan mengenai pembiasaan ibadah. Materi pembiasaan yang ditanamkan pada masa ini diantaranya, wudhu, sholat wajib, sholat sunah, membaca dan menghafal Al Quran, zikir sesudah sholat, zikir pagi dan petang, hadist dan doa harian.

Alhamdulillah selama 3 hari berjalannya MPLS ini, semua siswa dapat mengikutinya dengan baik tak lepas dari ketelatenan para guru dalam mendampingi siswa-siswinya melaksanakan setiap kegiatan. Program ini dilaksanakan di setiap semester untuk mengawali pembelajaran setelah siswa menjalani masa liburannya. Dengan tujuan sebagai fasilitasi dari sekolah agar siswa kembali mengingat dan melaksanakan kembali apa yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari dalam pembelajaran. Demikian terang Kepala Sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, Ustaz Alex Nanang Agus Sifa, S.Fil.I M.Pd.[]