Bikin Frame dari Bubur Koran

28 Jan 2020 11:20:38

 

Rabu (28/01), Para siswa kelas 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto kembali diajak membuat prakarya. Setelah pekan sebelumnya mereka membuat kerajinan tangan dari tepung terigu, kali ini mereka membuat hiasan bingkai dari bubur koran.

Kegiatan yang digelar di aula lantai 2 ini di demonstrasikan terlebih dahulu dihadapan para siswa oleh Ustazah Luki dan Ustazah Nurul. Tampak kedua ustazah menjelaskan koran bekas yang sudah tidak terpakai bisa dikumpulkan dan disobek menjadi serpihan-serpihan kecil, lalu direndam dengar air secukupnya sampai serpihan koran larut dan menjadi lembek. Lalu tambahkan lem kayu dan diaduk secara merata sehingga menghasilkan bubur koran yang lembut.

Anak-anak pun senang dan antusias setelah dipersilakan mencoba menrendam dan mengaduk bubur koran, lalu menempelkan bubur koran ke bingkai foto yang sudah disediakan sekolah. "Jangan lupa, bingkai yang sudah dihias segera dijemur sampai hiasannya kering," terang ustazah Luki mengingatkan.

Rupanya, kegiatan ini merupakan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dengan judul materi "Cara membuat bubur koran sebagai penghias bingkai foto.” Kegiatan ini bertujuan melatih kreatifitas anak, dan motorik halusnya, dan juga menambah wawasan, serta memanfaatkan bahan bekas sebagai penanaman softskill cinta linkungan kepada anak didik.

Sumber berita klik di sini