Dokter Kecil, Pelopor Kesehatan di Sekolah

11 Dec 2018 10:46:00

AWAL pekan ini (10-11/12), 40 siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Puwokerto mengikuti pelatihan Dokter Kecil (Dokcil) selama dua hari di Aula Puskesmas II Purwokerto Timur. Para siswa ini merupakan siswa pilihan yang lolos seleksi sebulan sebelumnya di sekolah. Mereka sengaja disiapkan untuk menjadi pelopor kesehatan di sekolah.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara sekolah dengan Puskesmas II Purwopkerto Timur. Tampak dr. Esculanto Edhi Hanantoro, MM. Ikut menyambut baik kegiatan ini.

“Kegiatan ini bertujuan agar terbentuknya tim Dokcil yang cerdas di lingkungan sekolah. Mereka diaharapkan menjadi penggerak hidup bersih di sekolah, yang mengajak teman-temannya untuk menjaga kebersihan diri sehingga tercipta generasi yang sehat yang berdampak pada presatsi di sekolah” terang ustazah Yeni, petugas UKS sekolah.

Selama dua hari ini, para dokcil mendapatkan materi kesehatan seperti ruang lingkup UKS, kesehatan gigi, imunisasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kesehatan mata, dan bahaya narkoba. “Kami berharap melalui kegiatan tersebutakan muncul generasi-genarasi muda yang dapat memelopori kesehatan di sekolah.  Sehingga mendukung program sekolah yang bersih, nyaman dan sehat,” lanjutnya.

Selain materi kesehatan, siswa juga dilatih praktik P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Siswa dilatih menangani kasus pingsan dengan percaya diri, cerdas, dan cekatan. Selain itu siswa dikenalkan pentingnya menangani luka lecet yang baik dan benar.

“Pelatihan Dokcil juga benar-benar mengukur kemampuan siswa. Pada hari pertama siswa diberikan soal pretestuntuk mengukur kemampuan awal, setelah itu dilanjutkann beberapa materi kesehatan. Pada hari kedua, siswa mendapatkan materi bahaya narkoba, kesehatan gigi dan P3K. kemudian sswa mengerjakan soal posttestuntuk mengukur peningkatan kemampuan sebelum dan setelah pelatihan.[]