Anak Tangguh Lahir dari Orang Tua yang Tangguh

03 Jan 2019 07:59:29

Purwokerto-Bekerja sama dengan Komite Sekolah, SMA Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menyelenggarakan  Seminar Parenting  dengan tema "Menyiapkan Orang Tua Tangguh Zaman Now," pada awal semester kedua di Rabu (2/1) di aula sekolah.

Seminar  parenting  yang dimulai pukul 08.30 WIB ini dihadiri oleh para wali murid, komite, manajemen sekolah, dan para guru. Tentunya ini menjadi pertemuan yang cukup istimewa karena civitas akademik (selain siswa) berkumpul untuk menyegarkan kembali komitmen bersama dalam mendidik peserta didik.

Kepala sekolah, Sholeh Setiaji M.Pd. menyampaikan seminar parenting ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada wali murid tentang cara mempersiapkan diri untuk menjadi sosok orang tua tangguh pada zaman sekarang. Terutama dalam menghadapi permasalahan yang semakin kompleks dan sangat berbeda dengan orang  tua pada zaman dahulu.

Sekolah menghadirkan Miftahul Jinan, seorang trainer dan motivator dari Surabaya untuk menjelaskan pentingnya melatih kontrol diri dan peran habit forming dalam pendidikan anak-anak. "Kunci menjadi orang tua tangguh ada dua, yaitu membangun kontrol diri dan menerapkan habit yang baik bagi anak sebagai langkah awal membangun karakter,” ungkapnya.

Menurutnya, karakter yang terbentuk pada anak adalah cerminan dari didikan orang tuanya. Salah satu faktor penyebab lemahnya kontrol emosi anak saat ini disebabkan oleh peran orang tua yang selalu menuruti kemauan anak secara terus menerus tanpa pernah memberikan penolakan. Hal tersebut menjadikan anak menjadi manja dan emosinya tidak terkontrol apabila tidak dituruti keinginannya.

"Jangan sampai logika kita kalah dengan rasa sayang kepada anak, jika kita kalah maka akan merusak kontrol emosi anak," tambahnya.[]