PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ONLINE KELAS 1
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
24 Mar 2021 14:17:09

Sebelum pandemi kita sudah terbiasa melakukan pembelajaran di sekolah dengan tatap muka. Dalam pembelajaran online kali ini, guru, siswa, dan orang tua diajak bekerjasama untuk mensukseskan pembelajaran anak khususnya lewat online.

Salah satu pembelajaran online yang dilaksanakan di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto pada kelas 1 menggunakan google meet. Siswa mengikuti pembelajaran melalui google meet seminggu 3 kali. Upaya maksimal yang dilakukan oleh guru khususnya dalam pelajaran Bahasa Arab contohnya, guru membuat video pembelajaran Bahasa Arab terkait materi yang akan dipelajari. Sebagai pendidik, berbagai upaya untuk memaksimalkan program kelas online telah dilakukan. Seperti pembuatan video menggunakan animasi-animasi yang menarik sesuai materi dalam belajar Bahasa Arab, memberikan motivasi pembelajaran lewat online kepada siswa, dan membantu melayani orang tua yang berkonsultasi terkait adanya masalah ketika proses pembelajaran Bahasa Arab berlangsung. Dengan berjalannya waktu, siswa kelas 1 sudah terbiasa untuk belajar online. Mereka menjadi lebih siap ketika jadwal ketika belajar online tiba. Meskipun secara online mereka tetap aktif mengikuti pembelajaran dan ceria ketika belajar bersama teman-teman.

 Adapun tugas yang diberikan guru kepada siswa berupa tugas-tugas yang dikirim melalui video. Selain video, anak-anak juga mengerjakan ulangan harian melalui google form yang tersedia. Untuk tugas video Bahasa Arab anak-anak mempraktekkan tugas seperti menyanyikan lagu Bahasa Arab, praktek dialog Bahasa Arab, dan juga tanya jawab terkait pembelajaran Bahasa Arab dengan pendidik.

Materi Bahasa Arab sendiri antara lain: memahami bagian-bagian anggota badan, peralatan-peralatan sekolah dalam Bahasa Arab, angka 1 sampai 10 dalam Bahasa Arab, menghafal nama-nama anggota keluarga, anggota indera, peralatan-peralatan di dalam kelas, dan warna dalam Bahasa Arab. (Isna)