Outdoor Study Virtual Learning Level 1 dengan tema "Aku Suka Menanam"
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
10 Apr 2021 08:48:47

Alhamdulillaah, pada hari Jumat 9 April 2021 pukul 08.00 sampai 09.30 WIB telah dilaksanakan secara virtual kegiatan Outdoor Study Virtual Learning Level 1 dengan tema "Aku Suka Menanam" melalui youtube streaming channel SD Al Irsyad 01 PWT. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa level 1 dan diisi oleh Ibu Iin Dwi Sulistyatik, S.P., M.P. dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas. Acara ini, bertujuan untuk mengenalkan anak-anak tentang berbagai tanaman, cara menanamnya, dan menumbuhkan cinta anak-anak untuk makan sayur.

Acara ini dikemas dengan menampilkan video outdoor study berbagai jenis tanaman hias, sayur, dan bunga yang ada di Taman Saga Edukasi Gandatapa.  Selain itu, anak-anak level 1 juga menyaksikan demo cara menanam bibit sawi. Walaupun dilakukan secara virtual, anak-anak sangat antusias mengikuti acara ini. Hal ini terlihat saat anak-anak berebut berusaha menjawab pertanyaan berhadiah yang ditanyakan oleh pembicara.

Setelah acara ini selesai, anak-anak mengambil bibit tanaman sawi di sekolah untuk mereka tanam di rumah dan memantau bagaimana perkembangan sawi yang mereka tanam di lembar pantauan. Hal ini dilakukan sebagai kegiatan lanjutan setelah mengikuti acara outdoor study virtual, menanamkan rasa tanggung jawab anak-anak terhadap tanaman yang dirawatnya, dan agar mereka mengetahui proses tersajinya makanan sampai di atas meja.