Manisnya Aneka Kreasi Buah Buatanku

05 Jan 2019 09:18:38

SABTU kemarin (5/1)Cooking Day tampak meriah di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Tak kurang 149 siswa bersemangat membuat aneka kreasi menu dari bahan buah-buahan. Seperti Jus Buah, Salad Buah, Sop Buah, Es Buah, Rujak Buah, Rujak Lutis dan lain sebagainya.

Kegiatan yang digelar di basement sekolah ini ternyata tak hanya menyenangkan siswa, namun lebih dari itu penuh dengan muatan pembelajaran. “Cooking Day mencakup semua kompetensi inti dalam pembelajaran. Yaitu kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan,” terang ustaz Basuki Dwi Sulistyo, wakil kepala sekolah.

Menurutnya, cooking day merupakan kegiatan berbasis keterampilan yang mengajarkan sikap sosial berupa kerja sama dan saling membantu satu sama lainnya. Lalu meningkatkan pengetahuan dengan mengenalkan bahan-bahan dan cara membuat kreasi menu buah-buahan. Dilanjutkan dengan praktik membuat menu mulai dari mengolah bahan hingga menyajikannya. Lalu yang tak pernah ditinggalkan dalam pembelajaran adalah meningkatkan kompetensi spiritual dengan melatih anak agar terbiasa melaksanakan adab-adab saat makan, bersyukur kepada Allah Swt., dan menjaga akhlak sepanjang kegiatan.

Suasana semakin semarak dengan adanya penilaian dan pemberian hadiah bagi kelompok-kelompok siswa yang berhasil membuat dan menyajikan menu dengan nilai tinggi.

“Kegiatan semacam ini akan terus diadakan dan ditingkatkan lagi mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil di dalamnya,” tambah ustaz Basuki Dwi Sulistyo.[Imalia]