Melatih Kemandirian Anak Sejak Dini

11 Jan 2019 10:14:42

PEMANDANGAN tidak biasa terlihat di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, Jum’at lalu (11/1). Bagaimana tidak, siswa kelas 2 yang biasanya duduk dan belajar di kelas, hari itu tampak asyik melipat baju. Wajah mereka berseri-seri dan saling berlomba untuk melipat baju dengan rapi.

Kepala Sekolah, Ustaz Alex Nanang Agus Syifa, menuturkan “Kegiatan praktik melipat baju sendiri, merupakan rangkaian dari program melatih kemandirian siswa. Seperti halnya berlatih menyiapkan buku pelajaran sendiri, merapikan alat makan sesudah digunakan dan membersihkan lingkungan sekitar. Hal tersebut bertujuan untuk melatih siswa untuk terbiasa melakukan pekerjaan-pekerjaan sederhana yang dapat meringankan pekerjaan orang tua sebagai wujud birrul walidain, berbakti kepada orang tua.”

Lovely, salah satu siswa kelas 2 pun menyatakan antusiasmenya mengikuti kegiatan ini “Saya senang sekali lho, bisa belajar melipat baju. Nanti di rumah jadi bisa melipat baju sendiri,” tutur Lovely sambil tersenyum senang.[Juliyanti]