Ajarkan Agama dengan Kreatif

23 Jan 2019 11:54:53

PEMBELAJARAN yang unik memang mudah ditemui di KB dan TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Tak salah bila sekolah ini sering meraih juara lomba inovasi pembelajaran tingkat nasional. Sebagaimana tampak pada Rabu pagi kemarin (23/01) di kelas TK A, dua guru mengajak para siswa untuk Memancing Huruf Hijaiah.

Rupanya, memancing ini berupa simulasi menangkap mainan berbentuk ikan, dan ada satu huruf Hijaiah yang berbeda di setiap ikan. Anak-anak diajak duduk mengitari kolam mainan dan bergantian menangkap ikan lalu menyebutkan huruf Hijaiah apa yang berhasil ditangkap. Tentunya dilengkapi dengan permainan tepuk dan lagu serta kisah-kisah menarik.

“Pembelajaran kreatif ini merupakan karya guru yakni ustazah Esti Nastiti Handayani, dan beliau menggunakannya saat mengajarkan huruf hijaiyyah sembari menanamkan materi akhlak sepanjang pembelajaran,” terang ustazah Nur Sabiha, kepala sekolah.

Memancing Huruf Hijaiah ini memanfaatkan suasana bermain untuk mengenalkan dan menanamkan materi pembelajaran. Cara ini berhasil lebih disukai siswa dan lebih efektif membantu anak untuk mengingat huruf hijaiah. Pembelajaran ini juga disajikan pagi hari setelah kegiatan pagi ceria, yakni pada saat anak dalam kondisi paling siap menerima pengajaran.

Kreasi ini merupakan satu dari rangkaian pembelajaran agama. Kegiatan lainnya meliputi belajar membaca hijaiah menggunakan metode Tartili, belajar hadis pendek, surat-surat pendek, berlatih adab dan doa-doa, salat jamaah, seri Asmaul Husna dan penanaman sikap melalui membacakan buku cerita.

“Pembelajaran di KB dan TK harus menarik dan menyenangkan, terutama karena anak-anak usia balita senang menggunakan semua waktunya untuk bermain. Dengan demikian, pembelajaran pun digelar dengan banyak permainan dan gembira,” tambah ustazah Nur Sabiha.[]