Siswa SMP Boarding Panen Kangkung

19 Jan 2019 11:07:33

DERETAN sayur kangkung terlihat hijau dan segar di kebun SMP Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Para siswa pun terlihat senang karena mereka berhasil menanam, merawat dan akhirnya dipanen pada Sabtu kemarin (19/01).

Kegiatan ini merupakan bentuk pengenalan proses tanam. Mulai dari penyemaian, pemanenan, hingga penjualan yang secara langsung mereka tangani sendiri. Selain itu panen kali ini pun menjadi bagian dari pelajaran lingkungan hidup yang berkesinambungan dengan pelajaran prakarya dan ekstrakulikuler hortikultura. Diharapkan siswa juga dapat membekali diri dengan pengalaman wira usaha.

“Menanam kangkung merupakan strategi mengenalkan kegiatan yang produktif berupa pemanfaatan lingkungan secara positif dan memiliki nilai tambah. Sehingga hasil panen kangkung juga dijual ke guru-guru boarding dan menyisakan sedikit untuk dimasak di asrama sebagai bentuk kepuasan makan sayur hasil tanaman mereka sendiri," ,” terang ustaz Nandi Mulyadi, kepala sekolah.

Uniknya, kegiatan menanam ini terus dilanjutkan dan dikembangkan sehingga kelak kebun sekolah ini tak sekadar menghasilkan sayuran namun juga buah-buahan.[Ina Diana]