Manfaatkan Botol Bekas sebagai Media Tanam

19 Jan 2019 14:33:43

Peduli lingkungan sebagai salah satu karakter turunan dari Program Penguatan Karakter (PPK) yang dicanangkan pemerintah terus digiatkan secara kreatif di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Sebagaimana Sabtu kemarin (19/01) puluhan siswa kelas 2 mengikuti kegiatan pembuatan media tanam dari botol bekas.

“Kegiatan tersebut menjawab salah satu permasalahan sampah yang kerap terjadi. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu program sekolah berupa pengolahan sampah anorganik menjadi barang bermanfaat. Sampah-sampah berupa botol bekas disortir oleh anak, kemudian dicat sedemikian rupa, lalu dibentuk menyerupai pot. Lalu kemudian diberi tanah dan benih beragam sayuran. Tidak hanya itu, siswa juga diberi tanggung jawab untuk merawat sayuran yang telah ia tanam,” terang Ustaz Alex Nanang selaku Kepala Sekolah.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa terlatih untuk peka dan dapat berperan aktif menjaga lingkungan. Selain itu, pemanfaatan botol bekas sebagai media tanam ini juga dapat menjadi solusi memperluas area taman sekolah,” tambahnya.[Imalia]