"Serunya Outdoor Study Kelas 6" Belajar Langsung dari Alam di Taman Satwa & Wisata Air Buken, Sumbang
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
07 Oct 2022 14:18:35
  • "Serunya Outdoor Study Kelas 6"
    Belajar Langsung dari Alam di Taman Satwa & Wisata Air Buken, Sumbang

    Pada Sabtu, 29 September 2022 yang lalu, siswa - siswi kelas 6 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengikuti kegiatan _outdoor study_ ke Taman Satwa dan Wisata Air Buken, Sumbang, Baturaden. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 07.00 - 12.00. Adapun tujuan outdoor study kali ini adalah agar siswa mendapatkan pembelajaran secara langsung dari alam untuk penguatan materi IPA tentang perkembangbiakan dan adaptasi hewan serta untuk menambah semangat siswa sekaligus media refreshing siswa.

    Kegiatan diawali dengan zikir pagi dan murojaah bersama dipandu oleh Ustad Darmanto di aula wisata. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh waka level 6, Ustad Slamet Nuryanto, M.Pd. Kemudian, dilanjutkan pengarahan dari Ustad Salimun tentang pengamatan jenis-jenis reptil dan ikan serta cara perkembangbiakan serta adaptasinya. Semua siswa sangat antusias dan serius dalam mengamati segala jenis hewan yang ada di lokasi. Kemudian mereka menuliskan hasil pengamatannya di lembar pengamatan yang dibagikan.

    Tepat pukul 09.00, para siswa dibentuk beberapa kelompok putra dan putri untuk mengikuti _game_ yang sudah disiapkan. Kelompok putri mengikuti _game_ estafet holahop, sedangkan kelompok putra mengikuti _game_ memasukkan air ke dalam paralon yang berlubang. Para siswa sangat bersemangat dan _game_ pun berjalan dengan lancar dan seru. Setelah _game_ selesai, kegiatan diakhiri dengan menikmati permainan air (kolam renang) yang tersedia. Para siswa menjadi tambah senang, ceria, dan berbahagia.

    Semoga kegiatan _outdoor study_ ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pemahaman siswa pada setiap pelajaran khususnya materi IPA. Di samping sebagai sarana _refreshing_ para siswa untuk mengatasi kejenuhan dan meningkatkan semangat belajar mereka sehingga bisa berprestasi lebih baik lagi ke depannya.

    6d

    See translation