Mengundang Tokoh Kelas 6 "Bahaya Gadget bagi Kesehatan Anak" Bersama dr. Dhian Endarwati, Sp. A. (Dokter Spesialis Anak RS. Margono)
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
13 Oct 2022 10:00:20

Pada Selasa, 11 Oktober 2022, siswa-siswi kelas 6 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto mengikuti kegiatan mengundang tokoh. Tokoh yang dihadirkan merupakan seorang dokter spesialis anak di Rumah Sakit Margono, bernama dr. Dhian Endarwati, Sp. A.
Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini adalah Bahaya Gadget bagi Kesehatan Anak. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 10.00 - 11.45 WIB dan bertempat di lantai 4 gedung 2.

Kegiatan diawali dengan murojaah bersama Qs. Adh Dhuha yang dipimpin oleh ananda Arafah Rosalia Munif dari kelas 6E. Setelah itu dilanjutkan materi inti dari dr. Dhian Endarwati, Sp. A.
Para siswa terlihat semangat dan fokus mendengarkan pemaparan materi dari pembicara dan terlihat antusias bertanya ketika sesi tanya jawab.

Adapun tujuan kegiatannya adalah untuk menambah pengetahuan dan wawasan para siswa tentang dampak/bahaya gadget bagi kesehatan terutama jika penggunaanya  berlebihan.

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan.
Apa itu kecanduan internet? Kecanduan internet yaitu penggunaan internet secara berlebihan atau tidak terkendali sehingga menimbulkan perubahan perilaku, kognitif, dan sosial.

Adapun dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari kecanduan gadget antara lain: sulit berkonsentrasi, kesulitan bersosialisasi, ganguan perilaku, sulit tidur, cyber bullying, depresi, penurunan prestasi, dan gangguan kesehatan (gangguan penglihatan, nyeri leher, kelainan postur tulang, mati rasa pada lengan, tangan, dan jari  dan tubuh terasa tegang, serta obesitas).

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata? Gunakan lah rumus berikut.
"Rumus : 20 - 20 - 20"

Artinya: Istirahat tiap 20 menit, alihkan pandangan, melihat objek jarak 20 kaki = 6 meter selama 20 detik.

Kecanduan gadget pun dapat menimbulkan masalah perilaku dan sosial anak yaitu sbb:
1. Agresivitas yang tinggi dan perilaku bermusuhan dengan sesama.
2. Perilaku menentang
3. Kemarahan yang tidak terkontrol
4. Masalah hubungan interpersonal di dunia nyata ( lebih nyaman interaksi secara online)
5. Berkurangnya kemampuan bersosialisasi
6. Mudah cemas dan khawatir

Berikut tips-tips untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak:
 1. Gaya hidup aktif : olahraga dan gaya hidup aktif dengan melakukan olahraga yang menyenangkan.
2.Tidur cukup : 8 - 10 jam perhari dan jangan biarkan anak bermain gadget sebelum tidur
3. Batasi penggunaan gadget 2 jam perhari.
4. Digital detox (mulailah dengan 72 jam tanpa gadget) : alihkan perhatian anak dengan melakukan aktivitas fisik yang penuh tantangan dan kenalkan kembali gadget dengan kontrol yang ketat dalam penggunaan dan waktunya.