Kreasiku dari Cangkang Telur

25 Jan 2019 10:09:31

BANYAK bahan alam yang dapat digunakan untuk dijadikan karya. Salah satunya adalah pemanfaatan cangkang  telur sebagai hiasan pigura dan mozaik. Sebagaimana tampak pada Jumat lalu (25.1) saat  seluruh siswa kelas 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto menggarap prakarya dengan bahan dasar dari cangkang  telur. 

“Kegiatan ini, sesuai dengan pembelajaran yang terdapat pada buku tema 5 semester 2 kelas 1. Para siswa dibantu mengasah kreativitas melalui pembuatan sebuah karya,” tutur ustazah Sri Wahyuningrum, wakil kepala sekolah.

Cangkang  telur digunakan sebagai bahan utama untuk membuat pigura dan mozaik.  Selain cangkang telur,  digunakan pula kertas karton dan lem kayu.  “Pada pembuatan pigura ini, guru menyediakan kertas karton yang ukurannya sudah disesuaikan dengan ukuran foto, juga menyiapkan cangkang telur yang sudah bersih dan kering. Selanjutnya, siswa diajak memotong kecil-kecil cangkang kulit telur kemudian ditempel pada kertas karton menggunakan lem kayu. Terakhir adalah mengeringkan cangkang telur yang sudah tertempel,” terangnya. “Cara yang sama dilakukan untuk pembuatan mozaik cangkang telur. Bedanya hanya pada bentuk hasil karyanya saja.”

Seusai kegiatan, para siswa dilatih secara mandiri untuk menyimpan dengan baik hasil karya dan membersihkan tempat yang telah digunakan untuk membuat prakarya. (Rian)