Menambah Ilmu dengan Buku
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
16 Nov 2022 15:47:06

Selasa, 15 November 2022 level 4 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto melaksanakan kegiatan happy reading dengan tema, “Dengan buku aku berilmu”. Kegiatan ini dilaksanakan di Arpusda Kabupaten Banyumas. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan happy reading adalah agar siswa-siswi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto memiliki budaya literasi yang tinggi serta membiasakan untuk senantiasa membaca buku.

Kegiatan ini diawali dengan berdoa bersama di halaman belakang Arpusda Kabupaten Banyumas, lalu dilanjutkan room tour atau mengunjungi beberapa ruangan yang ada di lingkungan Arpusda Kabupaten Banyumas. Room tour yang dilaksanakan meliputi mengunjungi ruang sirkulasi dan referensi, ruang arsip, dan dilanjutkan mengunjungi ruang audio visual.

Ketika mengunjungi ruang sirkulasi dan referensi, para siswa bisa membaca buku dari berbagai macam judul buku. Para siswa juga bisa meminjam buku-buku tersebut untuk dibawa pulang jika mereka mendaftar sebagai anggota Arpusda. Setelah membaca buku di ruang sirkulasi dan referensi, room tour dilanjutkan dengan mengunjungi ruang arsip. Di ruang arsip para siswa bisa melihat arsip-arsip lama yang dimiliki Kabupaten Banyumas. Seperti foto-foto uang jaman penjajahan Jepang, foto-foto bupati Banyumas dari awal Banyumas berdiri, foto-foto para pahlawan, dan masih banyak foto-foto yang bisa dilihat di ruang arsip ini. Room tour dilanjutkan ke ruang audio visual. Di ruang audio visual para siswa bisa menonton berbagai macam film edukasi.

Selama kegiatan ini berlangsung, para siswa antusias dan senang dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Menurut Khatidjah Vidia Pitaloka, siswa kelas 4C SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto banyak sekali yang dia dapat dari kegiatan ini. “Senang sekali bisa mengunjungi Arpusda karena bisa membaca banyak buku dan bisa memambah pengetahuan, serta bisa menonton film edukasi.” Tuturnya.