Pasar Kaget di SMP Boarding Dibanjiri Pembeli

29 Jan 2019 10:53:28

SELASA, 29 Januari 2019. Halaman SMP Boarding dipenuhi oleh kerumunan siswa. Mereka menyerbu pasar kaget yang diadakan sebagai internalisasi pelajaran IPS materi “Kegiatan Ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi).” Dengan kreatif para siswa menjajakan jualannya yang mereka produksi sendiri. Pasar kaget ini berhubungan dengan pelajaran IPS

Anak-anak yang merupakan siswa kelas VII itu berjualan sushi, sambusa, sosis goreng, sate buah, kentang goreng, marsmallow cokelat, pisang cokelat, greentea latte, choco latte, vanilla latte, dan masih banyak lagi jenis jajanan yang dijual dengan harga Rp 2.500,- sampai Rp 5.000,-. “Kegiatan jual-beli ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa kewirausahaan mereka, “ujar Ustazah Nuryanti selaku Guru IPS.

Kegiatan jual-beli ini juga mendapatkan respon yang luar biasa, baik dari siswa unit SMP maupun unit SMA Boarding. Semua siswa membludak memenuhi halaman sekolah yang dijadikan sebagai lapak pasar kaget.

Belasan meja dikeluarkan di halaman menjadi lapak dagangan.  Kebanyakan siswa memilih menjual jenis makanan dan minuman, rasa yang ditawarkanpun tidak main-main, mereka sudah sangat ahli memproduksi makanan dan minuman dengan kualiatas rasa yang tidak diragukan. Seluruh siswa tertib mengantri demi membeli jajanan yang mereka inginkan. Jiwa antri memang sudah diterapkan di SMP Boarding khususnya saat mereka membeli jajanan di kantin saat jam istirahat.

Sakila, seorang siswa yang julanannya laris manis mengaku sangat antusias dalam kegiatan jual-beli ini karena kegiatan ini bisa melatih mereka memiliki jiwa kewirausahaan.