Kenalkan Limbah Nanas sebagai Sumber Listrik

07 Feb 2019 08:25:38

MESKIPUNmasih remaja, dua siswa SMP Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto tampak percaya diri mengenalkan limbah nanas sebagai sumber tenaga listrik. Mereka menunjukkan kandungan asam sitrat dalam buah nanas dapat menghasilkan listrik dan dapat digunakan untuk alternatif sumber energi dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka adalah Ahmad Faqih Amin dan Rajwa Vourza Tsaqifa, dua siswa kelas 7 yang sangat menyukai kegiatan penelitian kimia dan fisika. Keduanya merupakan anggota ekstra kurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) yang rutin berlatih dan meneliti di laboratorium sekolahnya.

Dalam riset ini, mereka menggunakan limbah kulit buah nanas sebagai bahan risetnya, termasuk karbon dan paku sebagai elektroda pun berasal dari limbah yang mereka kumpulkan di sekolah.

“Penelitian mereka sekilas tampak sederhana, namun gagasannya sangat bagus dan mereka sungguh-sungguh dalam melakukan penelitian. Dengan modal semangat dan kecerdasan ini membuat keduanya patut menjadi peneliti muda yang potensial,” tutur ustaz Nandi Mulyadi, kepala sekolah.

“Pekan kemarin, mereka kami dorong untuk mengirim penemuan ini ke lomba karya ilmiah remaja agar tak sekadar meneliti namun juga mendapat penghargaan dan peluang untuk dikembangkan dalam penelitian lanjutan yang lebih intens,” lanjutnya.[]