SMP Al Irsyad Purwokerto Sukses Menyelenggarakan Jambore Pramuka Muslim Tahun 2023
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
14 May 2023 21:32:16

Purwokerto, 12 Mei 2023 - SMP Al Irsyad Purwokerto sukses menyelenggarakan Jambore Pramuka Muslim yang berlangsung pada hari Kamis hingga Jum’at, 11-12 Mei 2023. Acara ini diikuti oleh siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 545 siswa.

Dalam Jambore Pramuka Muslim kali ini, para peserta diberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan mereka melalui berbagai kegiatan yang melibatkan Pengetahuan Umum dan Islam. Salah satu kegiatan yang paling dinantikan adalah kegiatan berkemah, belajar tentang kehidupan di alam terbuka.

Selain berkemah, para peserta juga berpartisipasi dalam lomba Peraturan Baris-Berbaris (PBB), yang menguji keterampilan mereka dalam disiplin dan kekompakan. Dalam lomba ini, para peserta harus menunjukkan kepiawaian mereka dalam mengikuti peraturan baris-berbaris yang presisi dan koordinasi yang baik antar anggota tim.

Pentas seni juga menjadi salah satu kegiatan yang tidak kalah menarik. Peserta Jambore Pramuka Muslim SMP Al Irsyad Purwokerto menampilkan bakat mereka dalam berbagai seni seperti tari daerah, dan drama.

Melalui kegiatan motivasi “menjadi pemuda muslim yang berkualitas”, yang dilaksanakan sore harinya diharapkan, mereka dapat menjadi generasi muda yang memiliki pemahaman agama yang kuat dan mampu menghadapi berbagai tantangan dengan sikap yang baik.

Acara ini juga mencakup kegiatan penjelajahan yang terdiri dari pos-pos perlombaan, seperti Menaksir Tinggi, Sambung Ayat Al-Qur’an, Lomba Yel-yel, dan lainnya. Perlombaan ini dirancang untuk menguji pengetahuan peserta dalam berbagai aspek, termasuk kemampuan dalam menaksir tinggi, kefasihan dalam menyambung ayat-ayat Al-Qur’an, dan kekompakan dalam melaksanakan yel-yel pramuka.

Kegiatan Jambore Pramuka Muslim SMP Al Irsyad Purwokerto ini diharapkan dapat mempererat persaudaraan antara peserta, meningkatkan keterampilan pramuka mereka, dan dapat mengembangkan nilai-nilai positif seperti kepemimpinan, kerjasama, dan cinta terhadap alam