Outdoor Study Level 1 di New Small World Baturraden
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
31 May 2023 07:36:30

Sabtu, 20 Mei 2023 Level 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mengadakan acara outdoor study atau pembelajaran di luar kelas. Acara tersebut diselenggarakan di lokawisata New Small World Baturraden dari pukul 07.00 sampai 09.30 WIB. Pembelajaran diawali dengan pembukaan acara serta sambutan dan motivasi dari Wakil Kepala Sekolah Level 1, Ustadzah Siti Puji Yunianti, S.E., M. Pd. “Outdoor study adalah salah satu variasi pembelajaran, sehingga anak-anak tidak bosan hanya belajar di kelas atau sekolah.” Ustadzah Siti Puji Yunianti juga menambahkan bahwa tujuan outdoor study ini para siswa dapat mengaplikasikan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial secara konkret. Para siswa dapat belajar di alam, menambah wawasan kebangsaan, semakin cinta tanah air dan pengetahuan baru terkait dengan bangunan-bangunan atau simbol negara di seluruh dunia.

Para siswa yang dibimbing oleh para guru berkeliling lokawisata mengamati bangunan-bangunan khas yang ada di Indonesia seperti Monumen Nasional, Bundaran Hotel Indonesia yang ditengahnya terdapat Monumen Selamat Datang, rumah adat, bangunan-bangunan khas dari berbagai negara, mengamati tanaman, tiruan dinosaurus, bermain di taman bermain serta menikmati pemandangan di bawah kaki Gunung Slamet.

Adanya pembelajaran di luar sekolah, para siswa juga dapat mempraktikkan adab-adab di tempat umum yang sudah dipelajarinya di rumah dan di sekolah. Alhamdulillah, harapannya kegiatan ini bermanfaat,berkesan dan membuat bahagia bagi para siswa serta guru.