Bekali Siswa dengan Skill Leadership dan Manajemen Keuangan
SMP Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
20 Jul 2023 15:59:45

Dalam rangka MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan Reorientasi Siswa 2023, SMP AABS mengadakan berbagai kegiatan untuk membekali siswa, beberapa di antaranya adalah skill leadership dan manajemen keuangan, (20/07).

Pelatihan leadership (kepemimpinan) dilaksanakan di lantai 1 Masjid Umar bin Khotob (Putra) dan Lobby sekolah SMP (Putri), pada Kamis, 20 Juli 2023.

Peserta pelatihan merupakan siswa-siswi kelas IX (sembilan) SMP AABS Purwokerto.

Adapun pemateri dalam kesempatan ini adalah Angga Feri Setyawan dan Lina Dwi Puryanti, M.Pd. Keduanya adalah trainer dari Akademi Leader Indonesia.

Skill leadership ini penting bagi siswa, karena dapat membantu siswa mengenal diri sendiri dan akan ada kecenderungan siswa untuk berperilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk menjadi pemimpin organisasi, kita terlebih dahulu harus mampu memimpin diri sendiri, karena salah satu kunci leadership adalah mengenal diri sendiri.” Jelas Kak Lina sapaannya.

Oleh karena itu, dalam pelatihan ini trainer melakukan simulasi mengenal diri sendiri. Masing-masing siswa menuliskan kelebihan dan kelemahan diri sendiri. Kemudian secara bergilir, siswa yang lain juga memberikan penilaian terhadap temannya.


Manajemen Keuangan

Selain skill leadership, siswa-siswi SMP AABS khususnya kelas VIII (delapan) dan IX (sembilan) juga mendapatkan pengetahuan tentang manajemen keuangan.

Mengutip dari Id.wikipedia.org., manajemen keuangan merupakan segala aktivitas yang berhubungan dengan keputusan pengelolaan keuangan dan aset keuangan. Tujuan utama dari manajemen keuangan adalah memperoleh keuntungan yang maksimal melalui sumber daya keuangan yang tersedia. 

Pengetahuan tentang manajemen keuangan sangat penting bagi siswa, karena dapat membantu siswa dalam menentukan hal-hal apa saja yang memang sangat penting atau urgent untuk diutamakan dalam pengalokasian dana.

Dengan begitu, anak-anak mampu menentukan mana yang paling penting dan mana yang masih bisa dikesampingkan terlebih dahulu.

Pembelajaran manajemen keuangan berlangsung di dalam kelas masing-masing.

Para siswa mengelompokkan mana barang yang termasuk kebutuhan dan keinginan bagi seorang pelajar. Kemudian masing-masing kelompok mempresentasikan di depan kelas.

Klik disini Baca berita di website sekolah