Pelatihan PBB Bersama BABINSA Koramil 02 Baturraden
SMP Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
20 Jul 2023 17:15:21

Dalam serangkaian kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), siswa-siswi kelas VII (tujuh) dan VIII (delapan) SMP AABS mengikuti pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) bersama BABINSA Koramil 02 Baturraden, Kamis (20/07).

Pelatihan PBB ini untuk meningkatkan kemampuan dan kenterampilan siswa mengenai baris berbaris sebagai modal dasar jika nantinya menjadi petugas upacara.

Selain itu, kegiatan baris berbaris juga memiliki manfaat untuk melatih kedisiplinan siswa, fisik, dan menanamkan tata cara kehidupan terarah.

“Iya materinya masih dasar baris berbaris, balik kanan, hadap kanan, hadap kiri. Ini belum sampai ke latihan pokok, sebagai modal dasar kalau jadi paskibra (Pasukan Pengibar Bendera), petugas upacara.” Jelas Komandan Arief Tri S., salah satu BABINSA Koramil 02 Baturraden.

Pada pelaksanaannya PBB terdiri dari aba-aba dan gerakan dasar baris berbaris. Gerakan tersebut meliputi sikap siap gerak, berhitung mulai, hadap kanan gerak, hadap kiri gerak, hormat gerak, lencang kanan gerak, lencang depan gerak, dan balik kanan gerak.

Di awal pelatihan, BABINSA memberi informasi terkait PBB dan mencontohkan gerakan demi gerakan.

Kemudian secara berkelompok dan berbaris, siswa-siswi SMP AABS mengikuti aba-aba dari pelatih. Sesekali ada siswa yang praktik di depan teman-temannya mencontohkan gerakan baris berbaris.

Salah satu siswi mengaku, baru pertama kali mengikuti pertauran baris berbaris seperti ini.

“Pertama kali, biasanya kalau upacara jadi paduan suara.” Ungkap siswi SMP AABS.

Meski pelatihan hanya berlangsung sekitar satu jam, anak-anak terlihat antusias dan mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib.

Klik di sini untuk baca berita di website sekolah