Festival Sains, Latih Siswa SD jadi Peneliti Kecil

16 Feb 2019 09:22:41

SABTU(16/2) kemarin, festival sains bertajuk OSMOSIS (Olimpiade Sains dan Matematika oleh Siswa Al Irsyad) kembali digelar Oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. Acara yang mengambil tema “Penemu Muslim Berikutnya” ini menghasilkan 46 karya sains siswa dengan berbagai bahan dan manfaat.

Beberapa karya ilmiah siswa ini di antaranya Disni (dispenser mini), Bensu (bensin super), Rumah Antik (anti nyamuk), LHE (lampu hemat energi), peniris minyak dll. Karya para siswa didik ini dibuat dari bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan mudah pula untuk merangkainya. Meskipun demikian, karya ini diharapkan dapat memberikan banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari.

“5 terbaik diantaranya berkesempatan mempresentasikan karya ilmiah di hadapan para juri, lalu 3 diantaranya dipilih menjadi juara,” terang Ustaz Alex Nanang Agus Sifa, kepala sekolah.

Kegiatan OSMOSIS kali ini merupakan kali ke 2 yang diselenggarakan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto. “Kami berharap OSMOSIS ini dapat mendorong siswa untuk semakin kreatif dan semakin semangat untuk belajar. Semoga kelak mereka akan menjadi pemuda yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” tambahnya. [Gita]