Mabit AABS, Satu Malam Menjalin Ukhuwah Meningkatkan Prestasi
SMP Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
06 Aug 2023 00:00:00

Purwokerto – Siswa kelas VIII (delapan) SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) mengikuti kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit) di Masjid Umar bin Khotob, Sabtu-Ahad, 5-6 Agustus 2023.

Tema mabit adalah “Satu Malam Menjalin Ukhuwah Meningingkatkan Prestasi”.

Ini adalah kali pertama AABS menyelenggarakan program mabit, dengan inisiasi program dari wali asrama level delapan, yakni ustaz Riza Romand Abdalla, S.Pd.

Program mabit ini wajib bagi siswa kelas delapan SMP AABS. Meski demikian, kegiatan mabit juga terbuka bagi siswa lain yang berkenan ikut dengan izin wali asrama masing-masing.

Pelaksanaan mabit yang pertama pada Sabtu dan Ahad, 05-06 Agustus 2023 mulai pukul 15.00 WIB. di Masjid Umar bin Khotob. Nantinya kegiatan mabit akan berlanjut dengan waktu dua pekan sekali.

Harapannya dengan adanya kegiatan mabit, siswa kelas delapan semakin semangat dalam menjalankan program–program ibadah yang ada di asrama.

“Mabit ini sebagai salah satu sarana tarbiyah untuk melembutkan hati, membina ruhiyah, membersihkan jiwa, dan juga membiasakan fisik untuk beribadah. Melalui kegiatan ini, siswa dididik dan dibina supaya menjadi lebih paham dan mengerti betapa pentingnya keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT”. Terang ustaz Riza.

Lebih lanjut, ustaz Riza mengatakan, kegiatan mabit juga sebagai wadah siswa dalam menjalin persaudaraan (ukhuwah) di antara teman-temannya meskipun hanya satu malam.

 

Kegiatan Mabit

Selama mengikuti mabit, anak-anak akan melakukan berbagai kegiatan keagamaan, mulai dari salat tahajud, zikir, tafakkur, dan tadabbur.

Misalnya dalam hal ibadah, anak-anak membiasakan diri untuk salat lima waktu secara berjamaah, salat sunah tahajud berjamaah, dan khataman al-Quran.

Tak hanya itu, peserta mabit juga belajar ilmu agama dengan menonton film siroh nabawi, muhasabah diri, kajian intelektual seperti “Adab kepada Kedua Orang Tua”, dan doa bersama.

Untuk salat tahajud, pelaksanaannya di masjid sekitar kompleks sekolah. Pada mabit yang pertama, pelaksanaan salat tahajud di masjid Baiturrohim, Karangtengah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.