Becoming A Great Muslim Entrepreneur
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
06 Aug 2023 00:00:00

Purwokerto, Sabtu (5/8) – Berbeda dari biasanya, halaman gedung 3 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto menjadi ramai. Sebanyak 151 siswa kelas 6 melaksanakan kegiatan "Market Day" dengan tema "Menjadi Pengusaha Muslim yang Hebat". Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan semangat kewirausahaan sejak dini dan mendorong siswa untuk mengamalkan adab jual beli sesuai syariat Islam. Dalam kegiatan ini, siswa aktif terlibat dalam berbagai transaksi jual beli dengan penuh antusiasme. Mereka membawa beragam barang dagangan seperti makanan, minuman, dan produk-produk yang halal dan toyyib. Selain itu, kegiatan ini juga mengajarkan siswa tentang manajemen keuangan, termasuk modal, harga jual, dan harga beli.

Wakil kepala sekolah level 6, Ustadzah Dwi Kurnia Murdiasih, S.Si., M.Pd., mengungkapkan, "Melalui kegiatan Market Day ini, kami berharap siswa mampu menerapkan adab-adab jual beli yang sesuai dengan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.'

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa tidak hanya mendapatkan pengalaman dalam berwirausaha, tetapi juga dapat menginternalisasi nilai-nilai etika Islam dalam setiap tindakan bisnis mereka. Semangat kewirausahaan yang ditanamkan sejak dini diharapkan dapat membentuk generasi yang memiliki keahlian berbisnis dan senantiasa berpegang pada prinsip-prinsip moral dan agama.