Siswa Boarding, Latihan Tanggap Kebakaran

17 Feb 2019 10:57:44

KEMAMPUAN tanggap bencana tampaknya semakin dilatih di SMP Boarding Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Sebagaimana tampak pada awal pekan ini (17/2) para siswa belajar menangani kebakaran dengan cepat.

“Kerusakan karena kebakaran dapat diminimalisir bila kebakaran ditangani dengan cepat, terutama saat kebakaran baru terjadi,” terang ustaz Nandi Mulyadi, kepala sekolah.

Menurutnya, para siswa perlu dilatih keberanian untuk menangani kebakaran sebelum menjadi besar. “Yang paling baik itu mencegah kebakaran, namun kalau sudah terjadi maka harus segera dipadamkan saat api masih kecil. Karena itulah pelatihan kali ini fokus pada penanganan kebakaran pada saat baru terjadi, sehingga sangat penting melatih keberanian dan membekali siswa tentang teknik pemadaman secara cepat dan sederhana,” lanjutnya.

Kegiatan pelatihan bertajuk “Pelajar Siaga Bencana Kebakaran” ini digelar di halaman asrama dengan menghadirkan tim pemadam kebakaran dari Satpol PP Banyumas. Tampak para siswa antusias mengikuti acara yang sengaja diselenggarakan pada minggu pagi karena tidak ada pembelajaran dan waktunya leluasa.

Selain praktik pemadaman, kegiatan pelatihan ini didahului dengan penyajian materi dasar penyebab kebakaran, penanggulangan kebakaran, dan evakuasi korban. “Saya berharap setelah pelatihan, semua siswa memiliki keberanian dan kemampuan untuk menanggulangi musibah kebakaran apabila sewaktu-waktu terjadi di sekitar mereka,” tambahnya.[]