MasyaAllah, Nur Fauziyah Ramadhani Selesai Menghafal 30 Juz
SMP Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
11 Sep 2023 00:00:00

Purwokerto - Ananda Nur Fauziyah Ramadhani, siswi di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto, baru-baru ini berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz Al-Quran.

Prestasi luar biasa ini dicapainya pada hari Senin, 11 September 2023, di bawah bimbingan ustazah Almar'atu Sholihah, S.Pd. Ananda berhasil khatam hafalan 30 juz, meskipun saat itu baru berada di kelas 7 SMP AABS Purwokerto. MasyaAllah!

Ananda memulai perjalanan hafalannya di AABS sekitar dua bulan yang lalu. Selama periode ini, ia melanjutkan hafalan yang pernah dimulai sejak duduk di bangku SD Al Irsyad.

"Kami berharap Ananda selalu mendapatkan kemudahan dalam mempertahankan hafalannya, aamiin," ungkap Ustazah Almar'atu Sholihah, S.Pd.

Selanjutnya, Ananda akan memasuki tahap pengukuh hafalan (itqan) dengan melakukan muraja'ah hafalannya, mulai dari juz 1 hingga juz 30, kepada musyrifah atau guru Al Quran di kelompok halaqohnya.

Sebagai informasi, AABS Purwokerto memiliki program unggulan yaitu program Tahfiz Al Quran, yang mencakup pembelajaran dan penguasaan Al Quran mulai dari kaidah ilmu tajwid, hafalan, hingga pengukuhan hafalan (itqan).

Dalam program ini, siswa-siswa menyerahkan hafalannya kepada guru Al Qur'an, dimulai dari juz 30, 29, 28, dan seterusnya hingga juz 1 dan 2. Penyerahan hafalan ini terjadwal dalam pertemuan halaqah pagi, sore, dan malam, dengan sekitar 10 kali pertemuan dalam satu minggu.

Setiap kali pertemuan halaqah, siswa diminta untuk menyerahkan hafalan sesuai dengan kemampuannya, dengan minimal satu halaman agar target 5 juz per level dapat tercapai. Namun, siswa yang belum mampu menyerahkan satu halaman dapat menyerahkan per 5/10 baris.

Target hafalan untuk siswa setiap tingkat kelas adalah 5 juz, yang berarti lulus SMP akan memiliki hafalan 15 juz Al-Quran, dan lulus SMA akan memiliki hafalan 30 juz. Tidak jarang siswa-siswa seperti Ananda melebihi target, bahkan lulus SMP dengan hafalan 30 juz Al-Quran.