Penjaringan Kesehatan dan Pemeriksaan Berkala
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
19 Sep 2023 00:00:00

SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto bekerjasama dengan Puskesmas Purwokerto Timur I melakukan program penjaringan kesehatan anak sekolah. Siswa yang menjadi sasaran adalah kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah sekitar 840 siswa dari 30 kelas. Mereka mendapatkan pengarahan sekaligus pemeriksaan dari 8 orang petugas kesehatan yang datang pagi itu yakni dr.Helmy Indra Dewi beserta petugas medis yang lainnya.

Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk medeteksi dini siswa yang memiliki kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kuku dan kulit), pemeriksaan status gizi melalui pengukuran antropometri, pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan gigi dan mulut, pengecekan hemoglobin (Hb) pada siswi dan pengukuran kebugaran jasmani.

“Kami menyambut baik program yang dilaksanakan oleh Puskesmas Purwokerto Timur I ini, karena yakin akan berdampak baik bagi siswa,” demikian Ustad Mustamim, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah menyambut kedatangan tim yang datang pagi itu. Lebih lanjut ustad Yanto selaku Waka Kesiswaan mengungkapkan bahwa “Kegiatan ini sangat baik dilakukan karena selain siswa tahu akan kesehatan gigi, mulut, telinga dan matanya, mereka juga tahu apa yang harus dilakukan ketika ada masalah pada kesehatan organ tubuhnya itu,“  tuturnya.

Selama 2 hari yaitu Senin sampai Selasa tanggal 18-19 September 2023, tim dari Puskesmas Purwokerto Timur I ini melakukan pemerikasaan. Dimulai dari kelas VII sampai dengan kelas IX. Dari pukul 08.30 sampai pkl 14.00 WIB. Setelah melakukan pemeriksaan, petugas membagikan tablet penambah darah yang dikhusukan untuk siswa putri.
“Alhamdulilah, akhirnya kegiatan pemeriksaan gigi, mulut, telinga dan mata yang dilaksanakan terhadap siswa kelas VII ini selesai,” ungkap dr.Helmy sesaat setelah beliau masuk ke ruang guru beserta tim nya. “Sebelum pemeriksaan organ tubuh itu, kami melakukan pengukuran antropometri, dengan melihat berat badan dan tinggi badan siswa untuk melihat status gizi siswa,” tambahnya.

Sementara itu dr. Helmy mengungkapkan temuan-temuan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan pagi itu “Pada dasarnya sebagian besar keadaan gigi, mulut, telinga dan mata siswa SMP AL irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dalam keadaan baik.

Hal-hal yang ditemukan pada sebagian siswa adalah telinga kotor, gigi berlubang, gigi susu bolong, karies gigi,  mata buram (miopia),” ungkapnya. “Kami merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada siswa yang memiliki masalah kesehatan pada organ tersebut,” tambahnya. [SL]