Cegah Bullying, Ciptakan Sekolah Aman dan Nyaman
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
28 Sep 2023 00:00:00

Bullying atau perundungan adalah masalah serius yang dihadapi oleh banyak siswa di sekolah. Banyaknya kasus terkait bullying di kalangan pelajar membuat orang tua resah. Akhir-akhir ini banyak tersebar berita di media sosial tentang kasus bullying atau perundungan siswa di sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) mengadakan seminar dengan tema "Pencegahan Perundungan dan Kekerasan".

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada siswa-siswi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengenai bahaya perundungan dan efek yang akan didapatkan oleh korban perundungan. Seminar ini juga membahas bagaimana upaya dan usaha yang dapat dilakukan untuk membantu mewujudkan lingkungan sekolah yang lebih aman dan ramah jauh dari tindakan bullying, serta tindakan-tindakan apa saja yang harus dilakukan dalam upaya pencegahan bullying atau perundungan.

Seminar dilakukan pada hari Rabu 27 September 2023 di Aula lantai 1 SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Pembicara dalam acara ini ialah Ustadz Agus Tardian, M.Pd dan Dr. Ugung Dwi Ario Wibowo, S.Psi., M.si, yang merupakan pakar dalam bidang psikologi dan penanganan tindakan bullying. Acara ini diikuti oleh siswa kelas 8 dan juga beberapa guru yang berperan sebagai audiens.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada siswa-siswi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto tentang bahaya tindakan perundungan dan kekerasan di sekolah serta upaya-upaya yang harus dilakukan dalam rangka menciptakan lingkungan sekolah yang aman untuk semua siswa. [iku]