Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2023
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
10 Nov 2023 00:00:00

Purwokerto, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengadakan upacara peringatan Hari Pahlawan pada Jum'at, 10 November 2023. Upacara ini diikuti oleh siswa siswi level 7, 8, dan 9 serta Ustad dan Ustazah. Dilaksanakan di halaman sekolah mulai pukul 07.00-07.40 WIB. Upacara dipimpin oleh pembina upacara, Ustad Apri Supriyanto, S.Pd. yang merupakan guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. 

Upacara peringatan Hari Pahlawan ini dilaksanakan dalam rangka mengajak peserta didik untuk mengenang jasa para pahlawan sehingga anak-anak bangsa tidak melupakan sejarah bangsanya. Didukung oleh cuaca yang tidak terik dan suasana pagi yang sejuk. Rangkaian upacara mulai dari pembacaan undang-undang dasar, amanat, dan pembacaan doa dilaksanakan dengan hikmat.

Pembina upacara, Ustad Apri membawakan amanat yang berisi tentang Tiga Makna Perjuangan Hari Pahlawan Bagi Pelajar:
1. Perjuangan harus dari hati, niat ikhlas dan suci.
2. Perjuangan Membutuhkan Kebersamaan.
3. Perjuangan bukan masalah menang dan kalah tapi soal proses yang menghasilkan nilai kebaikan.
Berdasarkan Tiga Makna Perjuangan Hari Pahlawan Bagi Pelajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan niat, kerjasama, dan keikhlasan dalam berproses membentuk diri menjadi pribadi yang lebih baik, berwawasan luas, dan siap berjuang di jalan yang benar bagi agama, nusa, dan bangsa yang perlu dimiliki oleh siswa siswi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. 

Dengan dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Pahlawan ini, diharapkan siswa siswi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dapat lebih menghargai jasa para pahlawan dan tidak melupakan sejarah yang mengantarkan mereka pada masa sekarang ini. Semoga amanat yang disampaikan oleh pembina upacara tertanam dalam benak dan hati pikiran serta mampu diterapkan oleh peserta didik dengan baik. [Vt]