Edufair SMP Al Irsyad Purwokerto “Your Gateway to The Brighter Future”
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
06 Nov 2023 00:00:00

Sabtu-Ahad 4-5 November 2023, SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengadakan kegiatan Edufair dengan tema “Your gateway to the brighter future”. Kegiatan dibuka dengan memukulkan gong sebanyak 5 kali sebagai simbol Profil Pancasila. Pemukulan gong diawali oleh  Bapak Drs.  Joko Wiyono, M.Si., selaku kepala Dinas Pendidikan Banyumas,  Ketua harian LPP, kepala SMP Al Irsyad dan seterusnya. 

“Kegiatan Edufair ini dilaksanakan sebagai ajang menampilkan potensi dan bakat seluruh siswa-siswi SMP Al Irsyad, serta mengenalkan pada  masyarakat sekitar tentang keunggulan SMP Al Irsyad sebagai sekolah Islam terbaik di Purwokerto,” ujar Mustamim Luthfi, S.Pd.I, kepala SMP Al Irsyad. Stand  khusus untuk pendaftaran juga dibuka dalam kegiatan Edufair ini, sehingga diharapkan target di gelombang pertama jumlah peserta yang mendaftar ke SMP Al Irsyad tercapai.

Dalam rangkaian kegiatan Edufair diadakan perlombaan internal yang diikuti oleh seluruh siswa pada dua  pekan sebelumnya. Perlombaan internal tersebut antara lain assembly lomba naysid, lagu daerah, dan hymne SMP Al Irsyad. Para pemenang assembly berhak tampil di panggung Edufair. Selanjutnya ada juga lomba karya inovasi yang menampilkan karya-karya inovatif setiap kelas. Karya inovasi tersebut dipajang di stand pameran pendidikan agar dapat diapresiasi oleh seluruh pengunjung Edufair.  

Selain karya inovasi ditampilkan juga karya-karya pembelajaran semua mapel, karya bina prestasi, serta proyek P5 siswa SMP Al Irsyad. Bahkan disediakan juga photoboth bagi yang ingin mengabadikan moment Edufair. Di sekitar pameran pendidikan ada pula bazar makanan yang menambah semaraknya kegiatan Edufair.

Perlombaan eksternal menambah meriahnya kegiatan Edufair, terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti lomba olimpiade MIPA,  pemilihan dai cilik (pildacil), kompetisi futsal, dan happy tahfidz. 
 
Selain itu, traditional game with level 6 juga menambah serunya kegiatan Edufair pada tahun ini. Antusias siswa-siswa SD Al Irsyad 01 dan SD Al Irsyad 02 tampak dalam kekompakan kelompok dalam mengikuti setiap perlombaan-perlombaan yang dipandu oleh guru dan beberapa pengurus OSIS SMP AL Irsyad.

Komite atau wali murid SMP Al Irsyad juga dilibatkan dalam pelaksanaan Edufair SMP Al Irsyad, antara lain pelatihan eco pounding, lomba komite, dan  jalan sehat. Pembagian doorprize juga menambah semaraknya Edufair SMP Al Irsyad tahun 2023. [WM]