2 Hari Bersama Al Quran
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
05 Dec 2023 00:00:00

Alif Laam Miim…. 
Bacaan Al Quran menggema di setiap sudut Masjid Gelora Indah hari itu. Bukan jamaah masjid pada umumnya, karena yang ada di sana memenuhi masjid adalah para siswa berseragam Putih Biru. Ya, siswa-siswi SMP Al Irsyad Kelas Percontohan Al Quran semuanya mengkhusyu’kan diri di masjid tanggal 4 Desember ini. Dan dilanjutkan di lingkungan sekolah pada tanggal 5 Desember. Semuanya berlomba-lomba dalam memurojaah hapalan mereka selama satu semester. Berbagai juz dalam Al Qur’an di setorkan. Mulai dari Juz 1 hingga 10, juga ada yang menyetorkan juz 26 hingga 28, sesuai materi hapalan mereka di semester ini.

Ustadz Mustamim Luthfi, S.Pd.I., selaku kepala sekolah mendukung penuh acara ini dan berpesan: Niatkan kegiatan 2 Hari bersama Al Qur’an ini karena Allah. Jangan sampai perasaan terpaksa memenuhi rongga dada kalian dan menjadikan pahala dari Allah menguap karena kalian mengeluh. Padahal, yang diniatkan karena Allah dan yang terpaksa sama-sama melaluinya dengan tenaga dan waktu yang sama. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinan yang diadakan setiap satu semester sekali oleh SMP Al Irsyad dengan tujuan untuk memfasilitasi siswa kelas Percontohan Al Quran mengulang atau memurojaah hapalan mereka dalam kelompok kecil sehingga para siswa merasa termotivasi satu sama lain oleh teman-temannya dan semakin terbiasa dan menjadi lebih cinta dengan Al Quran. Di samping sekolah juga memberikan reward bagi peserta yang tuntas tercepat 1, 2, 3 dan 4 dari masing-masing kelas sebagai penghargaan sekaligus motivasi agar para siswa semakin semangat dalam berlomba-lomba untuk kebaikan.

Barangsiapa yang menghapalkan Al Qur’an maka ia akan menjadi keluarganya Allah. Itulah pesan Rosulullah dalam salah satu haditsnya. Harapan kami, guru dan para siswa Kelas Al Qur’an, dengan Mencintai Al Quran, kami pun Akan dicintai oleh Allah. Langkah kami senantiasa dilindungi dan dibimbing olehNya di era yang penuh dengan tantangan ini. Aamiin ya Mujiibas saa-iliin. [ASA]