Dari Halaman Hijau Menuju Adiwiyata
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
17 Jan 2024 10:01:05

Lingkungan belajar yang nyaman akan mendukung terciptanya proses pembelajaran yang baik. Untuk itu, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto melakukan kegiatan menanam pohon pada Selasa, 31 Oktober 2023. Tujuan kegiatan ini adalah membuat lingkungan sekolah menjadi asri, sejuk, dan menyenangkan untuk belajar. Melalui acara bertajuk Mengundang Tokoh: “Hijau Sekolahku, Nyaman Belajarku”, siswa-siswi kelas 6 belajar menanam pohon sesuai dengan teknik yang diajarkan oleh para pakar lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi pentingnya menanam pohon sebagai salah satu bentuk usaha pelestarian lingkungan. Selanjutnya para siswa dikenalkan dengan teknik penanaman tanaman dan perawatannya, serta jenis pupuk yang aman untuk lingkungan, mudah dibuat, dan tidak memerlukan biaya yang besar. Selanjutnya siswa berpasangan melakukan praktik menanam tanaman yang dibawa dari rumah dengan menggunakan polibag dan media tanam yang disediakan sekolah. 

Tidak berhenti sampai di situ, para siswa juga diberi tanggung jawab untuk merawat tanaman mereka dengan menyiramnya setiap hari, merawat, dan memberikan pupuk. Apabila ada yang mati, maka pemiliknya bertanggung jawab dengan mengusahakan tanaman baru untuk ditanam kembali. 

Kegiatan menanam tanaman tidak hanya menjadi ajang penciptaan lingkungan sekolah yang asri, sejuk, dan menyenangkan saja. Namun, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto juga bercita-cita menjadi Sekolah Adiwiyata, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan ikut berperan serta untuk menghambat laju pemanasan global, melestarikan keragaman hayati, dan mengatasi pencemaran lingkungan.