Tumbuhkan Kesadaran Demokrasi di Kalangan Siswa SMP Al irsyad Al Islamiyyah Purwokerto Melalui Program P5
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
20 Feb 2024 16:43:12

Paradigma baru pembelajaran saat ini salah satunya adalah siswa-siswi dituntut bernalar kritis dan berbhineka global dimana sesuai dengan elemen dimensi Profil Pelajar Pancasila. SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengadakan kegiatan mulai dari tanggal 13 sampai tanggal 15 Februari 2024 dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mengusung tema “Suara Demokrasi”.

Kegiatan P5 diawali dengan seminar yang diselenggarakan pada hari Selasa, 13 Februari 2024 di Aula lantai 3 SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Pembicara dalam seminar ini adalah Prof. Dr. Dwiyanto Indiahono, M.Si selaku Guru Besar FISIP Universitas Jenderal Soedirman dan Ahmad Sauqi selaku Kepala Desa Kebumen Baturraden. Seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan awal kepada siswa-siswi mengenai sistem demokrasi di Indonesia.

Setelah dibekali pengetahuan mengenai demokrasi di acara seminar, pada hari Rabu, 14 Februari 2024 siswa-siswi diberikan kesempatan untuk mengamati secara langsung penyelenggaraan demokrasi di TPS lingkungan masing-masing. Bukan hanya mengamati namun peserta didik juga diberi kesempatan untuk menambah wawasan dengan melakukan wawancara kepada petugas KPPS dan hasil wawancara dituangkan dalam bentuk video reportase.

Kegiatan P5 ditutup dengan presentasi laporan pelaksanaan pemilu di TPS lingkungan masing-masing dan refleksi serta tindak lanjut kegiatan. Presentasi dilakukan pada hari Kamis, 15 Februari 2024 di kelas masing-masing dan dipandu oleh fasilitator. Seluruh rangkaian kegiatan P5 ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi mengenai sistem demokrasi di Indonesia dan dapat menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjadi bekal untuk siswa-siswi apabila sudah menjadi pemilih. [Shin]