Bina Ruhiyah, Membangun Semangat dalam Ibadah
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
25 Mar 2024 08:12:26

Semangat melaksanakan puasa di bulan Ramadhan perlu dibangun di dalam diri anak-anak. Untuk itu, digelar kegiatan bertajuk “Bina Ruhiyah” yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketakwaan dalam diri siswa, khususnya siswa putri di lingkungan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto.

Keceriaan untuk mengikuti kegiatan sore di sekolah, apalagi sedang berpuasa, ditumbuhkan supaya siswa merasa termotivasi untuk mengisi waktu di bulan Ramadan dengan melakukan kegiatan yang positif. Kegiatan yang digelar pada hari Sabtu, 16 Maret 2024 itu diawali dengan murojaah bersama ayat-ayat Al Quran juz 29, diselingi dengan permainan “Tebak Nama Surat”. Kegiatan kajian pun dikemas sedemikian rupa sehingga tidak membosankan. 

Setelah ifthar dan menunaikan salat magrib, peserta makan bersama, dan dilanjutkan dengan salat isya. Kegiatan ditutup dengan salat tarawih berjamaah di dalam ruangan terselenggaranya acara. Semua senang, pulang membawa keceriaan, tanpa meninggalkan nilai-nilai ibadah dan hikmah yang terselip sepanjang rangkaian kegiatan “Bina Ruhiyah”.

Bina Ruhiyah, alhamdulillah
Daripada gabut di rumah
Kita bisa murojaah
Dapat pahala yang berlimpah

Kita puasa harus semangat
Baca Quran sampai tamat
Sholat tarawih harus mantap
Raih pahala di akhirat