Tanamkan Pembiasaan Ibadah dengan Iā€™tikaf
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
30 Mar 2024 10:02:49

SMP Al Irsyad Al Islmaiyyah Purwokerto menyelenggarakan kegiatan I’tikaf untuk siswa kelas 7, 8 dan 9 pada tanggal 15-17 Ramadhan 1445 yang bertepatan dengan 26-28 Maret 2024 di 10 Masjid yang tersebar di beberapa kecamatan di sekitar Purwokerto (Masjid Nurul Huda-Beji, Masjid Baitul Arqom-Sumampir, Masjid Nurul Falah-Kober, Masjid Al Hikmah-Patikraja, Masjid Baitul Hikmah-Penatusan, Masjid As Salam-Arcawinangun, Masjid Al Muhajirin-Teluk, Masjid Abu Bakr As Shiddiq-GSBP, Masjid As Salam-GSMT, Masjid Al Falaq-Keniten) dan didampingi oleh 26 guru pendamping yang mengawal setiap kegiatan I’tikaf dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab tinggi.

Kegiatan dimulai dengan salat ashar berjamaah di masjid dilanjutkan dengan pembukaan dan kajian menjelang buka puasa dengan materi penguatan terkait dengan apa itu I’tikaf dan hal-hal yang berkaitan dengan I’tikaf itu sendiri. Selain mengikuti kegiatan yang ada di masjid terkait, para peserta juga difokuskan untuk tadarus Al Qurán dan Qiyamul Lail berjamaah.

I’tikaf ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan amaliah Ramadan yang dilaksanakan sekolah dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan Ramadaan 1445, dengan harapan “Siswa mengetahui dan mengalami pengalaman yang nyata berkaitan dengan I’tikaf sehingga siswa mempunyai pemahaman yang utuh dan menyeluruh, sehingga kedepannya mereka dapat menyukai dan semangat untuk melanjutkan kegiatan yang serupa di masjid lingkungan tempat mereka tinggal” ungkap Ustaz Andika Indra Nusantara, S.H.I salah satu pendamping I’tikaf. [sy]