Menjadi Muslimah Level Up dengan Bina Ruhiyah
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
30 Mar 2024 10:04:34

SMP Al Irsyad Purwokerto konsisten dalam pembentukan karakter siswa melalui setiap kegiatan sekolah, salah satunya adalah kegiatan Bina Ruhiyah di bulan Ramadan. Kegiatan ini dilakukan pada hari Kamis-Jumat, 28-29 Maret 2024. Selama dua hari satu malam, siswa putri menginap di sekolah sementara siswa putra iktikaf di masjid.

Kegiatan Bina Ruhiyah diawali dengan kajian bersama Ustazah Nabilah yang membahas secara detail bagaimana menjadi muslimah level up di bulan Ramadan. Lalu dilanjutkan dengan buka puasa, salat magrib, isya, serta tarawih. Satu jam sebelum tidur, siswa diajak untuk tahsin juz 15 kemudian tadarus mandiri sesuai capaian masing-masing. Pada sepertiga malam terakhir, siswa melakukan salat tahajut berjamaah. Kegiatan Bina Ruhiyah ditutup dengan kuliah subuh dan salat duha.

“Pembiasaan ibadah, khususnya di bulan Ramadan perlu dilakukan untuk pembentukan karakter. Ilmu agama serta praktik langsung dilaksanakan agar mereka menjadi muslimah yang akhlaknya baik dan dapat menjadi teladan di keluarga serta lingkungannya,” tutur wakil kepala sekolah, Tutut Andriani, M.Pd. [fe]