SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto Sukses Menyelenggarakan Jambore Pramuka Muslim 2024
SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
09 May 2024 07:52:48

Salam Pramuka

Pramuka SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sukses menyelenggarakan Jambore Pramuka Muslim tahun 2024 pada hari Selasa-Rabu tanggal 7-8 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa level 7 yang terbagi menjadi 13 regu putra dan 14 regu putri. Tema yang diusung pada kegiatan jambore tahun ini adalah "Membentuk Pribadi Muslim yang Mandiri, Berkreasi, dan Berkolaborasi Melalui Gerakan Pramuka"

Kegiatan Jambore Pramuka Muslim menjadi ajang siswa menunjukkan kemampuan terbaiknya setelah melaksanakan kegiatan pramuka rutin setiap hari Jum'at selama satu tahun ajaran ini. "Seorang pramuka harus menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sekitar. Memiliki semangat seperti kobaran api, tetapi bukan seperti kayu bakar yang menghanguskan dirinya untuk membentuk api yang bermanfaat. Menjadi pramuka harus bisa menempatkan diri, menjadi bermanfaat tetapi tidak dengan menyakiti diri sendiri atau orang lain", ujar Ustaz Yanto, S.Pd.I dalam sambutannya pada upacara api unggun sebagai puncak dari rangkaian kegiatan jambore ini.

Dengan terselenggaranya kegiatan Jambore Pramuka Muslim tahun 2024 diharapkan setiap siswa dapat mengamalkan apa yang telah mereka pelajari terutama dari poin-poin dalam Dasa Darma Pramuka. Selain itu, siswa juga diharapakan menjadi pribadi yang senantiasa bermanfaat bagi sekitar seperti nyiur kelapa sebagai lambang pramuka yang setiap bagiannya memiliki manfaat. Hal yang paling utama adalah siswa harus selalu menjadikan syariat Islam sebagai dasar dalam berkegiatan serta bangga menjadi pramuka tanpa meninggalkan identitasnya sebagai seorang muslim. [ra]