Mengenal Panca Indra Dengan Membuat Pisang Krispy
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
03 Aug 2024 14:26:57

Purwokerto – Sabtu, 3 Agustus 2024, sebanyak 167 siswa level 3 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mengikuti kegiatan belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang berbeda dari biasanya. Mereka bersama guru memahami materi tentang pancaindra melalui pengalaman praktis memasak pisang krispi. Pagi hari, para guru dan siswa bergabung di halaman sekolah. Tampak para siswa antusias berbaris di hadapan meja-meja masak yang telah sekolah sediakan.

Dalam bimbingan ustaz dan ustazah, siswa-siswa ini bersama-sama belajar mengenal pancaindra dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Proses pembuatan pisang krispi menjadi sarana bagi para siswa untuk mengidentifikasi berbagai bahan melalui pancaindra mereka. Mulai dari merasakan lembutnya tepung dengan tangan, mencium aroma khas tepung panir dengan hidung, melihat bentuk pisang dengan mata, hingga mencicipi lezatnya pisang krispi yang telah mereka buat. Melalui kegiatan ini, siswa semoga dapat memahami dan mensyukuri nikmat pancaindra yang telah Allah berikan. Serta termotivasi menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat.

Ustaz Biqih Zulmi, M.Pd., Wakil Kepala Sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto, menyampaikan, “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa tentang pentingnya pancaindra dalam kehidupan sehari-hari. Kami ingin anak-anak tidak hanya mengenal pancaindra dari buku, tetapi juga memahami fungsinya melalui pengalaman nyata. Dengan demikian, mereka dapat lebih bersyukur atas karunia yang Allah berikan dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.”

Selain itu, ustaz dan ustazah juga memberikan penguatan tentang pentingnya bersyukur atas nikmat pancaindra dan mengajarkan adab makan yang baik. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang bermakna, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai Islami yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto terus berupaya memberikan pengalaman belajar yang tidak hanya mengasah kemampuan kognitif siswa. Tetapi juga membentuk karakter mereka agar menjadi pribadi yang berakhlak mulia

Baca juga: SD Al Irsyad 02 Purwokerto Selenggarakan Discipline Day: Membangun Disiplin sebagai Kunci Sukses