Bersama Menstimulasi Aspek-Aspek Perkembangan Anak di Fase A
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
06 Aug 2024 12:28:03

Purwokerto – Para wali murid level 1 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto menghadiri kegiatan Seminar Parenting dan Sosialisasi Program Sekolah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang peran penting orang tua dalam mendukung perkembangan anak-anak mereka. Acara ini menjadi bagian dari upaya sekolah untuk membekali orang tua dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menstimulasi perkembangan anak pada fase A (usia 6-8 tahun).

Sekolah menggelar kegiatan ini pada Sabtu, 3 Agustus 2024, di Aula lantai 6 Universitas Amikom Purwokerto.

Ustaz Basuki Dwi Sulistyo, S.Pd., Kepala SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto, memaparkan program-program yang sekolah rancang khusus untuk mendukung pembelajaran murid. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya sinergi antara sekolah dan orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak. “Dengan adanya program yang kami canangkan, semoga proses belajar para murid akan lebih optimal. Dalam hal ini, kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua akan memastikan keberhasilan program-program tersebut,” ujarnya.

Ustazah Yuliyanti, M.Pd., Wakil Kepala Sekolah Level 1, juga memberikan penjelasan lebih rinci mengenai program-program selama satu tahun ke depan. Informasi ini memberikan gambaran kepada para orang tua tentang bagaimana mereka dapat berpartisipasi aktif dalam proses pendidikan anak.

Stimulasi yang Tepat

Sesi parenting bersama oleh Dr. Heni Kurniati, M.A., Psikolog, menjadi puncak acara yang memberikan wawasan berharga bagi para orang tua. Dr. Heni membahas berbagai bentuk stimulasi yang perlu orang tua lakukan untuk mendampingi perkembangan anak di usia 6-8 tahun. Ia menekankan bahwa stimulasi yang tepat dapat membentuk pribadi anak yang cerdas, kreatif, juga percaya diri. “Usia 6-8 tahun adalah masa kritis dalam perkembangan anak. Peran orang tua sangat penting dalam memberikan stimulasi yang sesuai,” jelas Dr. Heni.

Kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi para orang tua, dengan menyediakan alat dan strategi untuk mendukung perkembangan anak di rumah. Semoga, melalui pemahaman yang lebih baik tentang peran mereka, orang tua dapat lebih aktif berkontribusi dalam pendidikan anak. Sehingga tercipta sinergi yang kuat antara sekolah dan keluarga.

Baca juga: SD Al Irsyad 02 Purwokerto Selenggarakan Discipline Day: Membangun Disiplin sebagai Kunci Sukses