Outdoor Learning Level 4: Belajar Perubahan Wujud Benda di Pereng Cilongok
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
06 Sep 2024 20:37:03

Level 4 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto melaksanakan kegiatan _Outdoor Learning_ di wisata Pereng Desa Cilongok pada hari Kamis tanggal 5 September 2024. Kegiatan ini mengambil tema "Belajar Perubahan Wujud Benda di Pereng Cilongok". Tema tersebut diambil sebagai salah satu bentuk pembelajaran Matematika dan IPAS yang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari yaitu mengamati proses pembuatan gula merah.

 

"Kegiatan Outdoor Learning menjadi kesempatan yang sangat baik untuk anak-anak belajar manfaat dari pelajaran yang mereka peroleh di sekolah. Anak-anak diharapkan mampu memahami bahwa perubahan wujud benda sangat bermanfaat untuk kehidupan, salah satunya untuk membuat gula merah." Tukas ustazah Nanik selaku wakal level 4 dalam sambutannya.

 

Pada kegiatan ini siswa dikenalkan dengan alat serta bahan yang dibutuhkan untuk membuat gula jawa. Siswa sangat antusias ketika diberi kesempatan untuk mempraktikkan proses mengaduk air nira hingga saat proses pencetakan gula jawa. Kemudian siswa mengisi LKPD yang sudah disediakan dan menuliskan kesimpulan mengenai perubahan wujud pada proses pembuatan gula tersebut. Sebagai penutup kegiatan, siswa juga menikmati wahana permainan yang ada di wisata Pereng seperti berenang, ayunan dan lainnya.

 

Dengan kegiatan _Outdoor Learning_ ini diharapkan mampu memberikan pemahaman siswa bahwa materi perubahan wujud benda memiliki manfaat bagi kehidupan mereka sehari-hari.