Siswa Boarding bikin Bakso dan Salad

19 Apr 2019 10:53:42

MEMASAK sendiri bagi siswa boarding (berasrama) merupakan hal biasa, meskipun demikian kegiatan memasak ini menjadi istimewa bila dilakukan beramai-ramai. Sebagaimana tampak pada Jumat kemarin (19/4) dalam kegiatan Motivation Day kelas XI SMA Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

“Pagi itu, para siswa secara berkelompok diajak memasak dengan bahan dasar daging sapi dan buah-buahan segar. Para siswa diwajibkan membuat bakso dan salad, sekaligus mendorong siswa untuk kreatif dalam mengolah bahan-bahan yang disediakan oleh sekolah,” terang ustazah Emas Satriati, wakil kepala sekolah.

Kegiatan ini digelar di area asrama dan terpisah putra dan putri. Setiap kelompok didampingi oleh seorang guru, lalu alat disiapkan bersama-sama antara sekolah dan siswa. Tampak para siswa langsung membagi tugas untuk membuat dua menu yang harus dikreasikan. Ada yang membuat adonan bakso dan ada yang menyiapkan potongan salad sesuai selera. Siswa tampak saling membantu satu sama lain. Untuk kreasi memasak bakso, ada yang membuat bakso bakar, bakso mercon, bakso telur puyuh, dan bakso keju.

Uniknya, masing-masing kelompok harus mempresentasikan karyanya di hadapan juri dengan menggunakan bahasa Inggris.Tidak tanggung-tanggung, jurinya adalah kepala sekolah, Ustaz Sholeh Setiaji, dan wakilnya Ustazah Emas Satriati.

“Meskipun beberapa siswa terlihat tegang ketika presentasi, mereka mampu menyampaikan dan menjawab pertanyaan yang ditanyakan juri dengan lancer,” tambah ustazah Emas bersyukur.[]