Outdoor Study Level4 di Pasar Manis Purwokerto
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
16 Oct 2024 11:23:44

Purwokerto , Rabu 16 Oktober 2024, 155 siswa siswi SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto melaksanakan kegiatan Outdoor Study di Pasar Manis. Pasar Manis adalah salah satu pasar tradisional di Purwokerto yang jaraknya tidak jauh dari lingkungan sekolah. Siswa bersama guru pendamping berjalan kaki agar bisa menikmati udara pagi hari dan melatih motorik kasar anak. 
Kegiatan ini merupakan pengaplikasian dari pembelajaran matematika materi uang. Mereka praktek melakukan transaksi jual beli menggunakan uang dengan para pedagang.  Sebelumnya, jenis barang belanjaan yang akan dibeli sudah didiskusikan dengan baik bersama orangtua dan wali kelas.  Anak-anak dibekali uang oleh orangtua sesuai dengan perkiraan jumlah barang yang akan dibeli. Mulai sayuran sampai jajanan pasar. Hal terpenting adalah mengajarkan anak bertransaksi, memberikan pemahaman pada anak akan makna uang, dan tawar menawar barang dagangan. Saat berinteraksi dengan pedangang, anak-anak juga belajar menerapkan adab jual beli dan menjunjung  tinggi kejujuran .
“Alhamdulillah hari ini kita akan mempraktekkan fungsi uang dalam kegiatan jual beli di pasar, silahkan terapkan adab-adab jual beli dan jadilah pembeli yang jujur” , terang Tatiek Noor Rachmawati, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Level 4 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto . Selain memperkuat pemahaman anak-anak terkait fungsi uang dalam kehidupan sehari-hari , anak juga harus dikenalkan pasar tradisional, karena di situlah akan melihat kearifan  lokal dan kehidupan ekonomi yang sebenarnya. Selain akan berjumpa dengan para pedagang dan pembeli, di pasar kita akan bertemu dengan profesi yang lain seperti buruh gendong atau buruh panggul barang. Saat datang atau hendak pulang, kita juga akan berjumpa dengan petugas parkir.