Penyerahan Donasi Rp 178.451.800 untuk Palestina dari Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto
16 Oct 2024 14:37:39

Purwokerto, 16 Oktober 2024 – Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap Palestina dengan menyalurkan donasi sebesar Rp 178.451.800. Donasi ini merupakan hasil sumbangan dari siswa, orang tua, guru, dan karyawan dari berbagai unit pendidikan Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, yaitu KB, TK, SD 01, SD 02, SMP, SMA IT, dan Boarding School (SMP, SMA, MA) serta kantor Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP).

Serah terima donasi dilakukan oleh Ustaz Fahmi Abdul Karim Altway, Ketua LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, kepada Ustaz Hidayat, Direktur LAZNAS Al Irsyad Al Islamiyyah, di kantor LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Donasi ini akan disalurkan kepada saudara-saudara kita di Palestina melalui LAZNAS Al Irsyad Al Islamiyyah.

Pengumpulan donasi ini tidak hanya sebatas bantuan kemanusiaan, tetapi juga merupakan bagian dari strategi pendidikan karakter bagi para siswa. Melalui kegiatan ini, siswa diajak untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama manusia, terutama saudara-saudara mereka di Palestina yang tengah menghadapi krisis. Selain itu, para siswa juga didorong untuk memahami peran penting seorang Muslim sebagai penolong bagi sesama Muslim yang sedang membutuhkan dukungan.

“Pengumpulan donasi ini adalah salah satu cara untuk menanamkan nilai kepedulian sosial kepada siswa sejak dini, sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang peka terhadap kondisi di sekitarnya dan memahami pentingnya menolong sesama,” ujar Ustaz Fahmi Abdul Karim Altway.

Selain itu, siswa juga diajarkan untuk memaknai uang saku mereka sebagai rezeki dari Allah yang perlu dibelanjakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Melalui kegiatan ini, mereka belajar bahwa sebagian dari rezeki tersebut dapat digunakan untuk menolong orang lain, baik melalui infak maupun sedekah. Dengan demikian, mereka tidak hanya belajar mengatur keuangan pribadi, tetapi juga memahami tanggung jawab sosial sebagai umat Islam.

Donasi ini dikumpulkan sejak awal September 2024, bertepatan dengan peringatan Milad ke-110 Al Irsyad Al Islamiyyah, hingga akhir pekan lalu. Ini bukan kali pertama Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menyalurkan bantuan untuk Palestina. Berbagai kampanye peduli Palestina juga rutin dilakukan agar semangat kepedulian terhadap kondisi di sana tetap terjaga.

Tak hanya untuk Palestina, Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto secara rutin turut serta dalam berbagai aksi kemanusiaan lainnya. Donasi juga disalurkan untuk korban bencana alam di Indonesia dan bantuan sosial lainnya, seperti santunan bagi kaum duafa dan anak-anak yatim. Bantuan ini adalah wujud komitmen Al Irsyad dalam menjalankan peran sosial dan kemanusiaan demi meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkan.

Baca juga: Al Irsyad Bersama MUI; Aksi Damai Peduli Palestina Berhasil Hadirkan 27 Ribu Warga Purwokerto

Baca juga: Viral, Aksi Solidaritas Anak Indonesia untuk Anak Palestina Berhasil Kumpulkan Donasi 1 Milyar