Memahamkan Peristiwa Pergantian Hari melalui “Beauty of Night”
SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto
14 Apr 2018 11:23:36

SUPERCAMP bertema “beauty of night” digelar pada Jumat lalu (13/4) untuk semua siswa kelas 1 oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto di halaman sekolah. Hari itu, kegiatan pembelajaran yang biasanya dimulai pagi digeser menjadi sore hari. Siswa pun tampak datang dengan gembira, karena halaman sekolah telah disulap menjadi area perkemahan dengan beberapa tenda berwarna-warni telah terpasang, juga ada panggung, dan kayu-kayu yang disusun untuk api unggun.

“Kegiatan ini sesuai dengan tema materi pelajaran, yaitu Peristiwa Siang dan Malam. Sengaja kegiatan digelar semacam ini yakni agar pembelajaran lebih bermakna bagi siswa,” terang ustaz Abdul Qohin, S.H., M.Pd.I., kepala sekolah.

Kegiatan dibuka pukul 14.30 dengan upacara kecil dan pembagian kelompok. Setiap kelompok siswa mendapat tenda untuk menyimpan tas, lalu diajak memulai pembelajaran sore itu dengan salat Ashar berjamaah.

Setelah itu anak-anak mengikuti fun Games yang dikemas dalam mini wide game. Ada beberapa pos permainan, mencari pos harta karun, pos memeras air dengan spon, pos estafet bola pingpong, dan pos melempar bola ke gawang.

Selepas wide game, para siswa dikumpulkan kembali untuk menikmati kudapan sore, dilanjutkan mendengarkan kisah-kisah seru tentang pergantian siang dan malam dan kisah-kisah nabi dari ustaz Faizal Wihuda, M.Si.

Sore itu, para siswa mengiringi pergantian siang dan malam dengan membaca zikir dan doa. Lalu dilanjutkan dengan salat Maghrib berjamaah.

Kegiatan diakhiri dengan api unggun dan pentas seni. Tampak setiap kelas menampilkan nyanyian, tarian, dan juga puisi hingga jelang azan Isya. Lalu ditutup dengan berdoa bersama.

“Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan pengalaman dan bermakna bagi anak-anak semuanya. Karena pembelajaran yang berkesan merupakan satu di antara sebab penting yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran,” harap ustaz Abdul Qohin.[Siti Puji]