Belajar Tetap Asyik saat Puasa

13 May 2019 10:48:35

MESKIPUN belum wajib, anak kelas 1 SD boleh pula diajak berpuasa penuh selama Ramadan. Namun perlu banyak motivasi dan strategi agar anak tetap ceria sepanjang hari. Demikian yang disiapkan oleh SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto saat mengajak siswa kelas 1 SD untuk bermain dan belajar di Balai Kemambang pada Senin kemarin (13/5).

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat dan memberi pengertian pada anak-anak bahwa puasa tidak membatasi kegiatan-kegiatan positif seperti hari-hari sebelumnya,” terang ustazah Sri Wahyuningrum, wakil kepala sekolah.

Acara yang dimulai dengan pembacaan doa dan dzikir pagi ini diisi dengan beragam kegiatan unik. Di antaranya memberi makan ikan, permainan merangkai kata, tebak gaya, dan diakhiri dengan membuat ucapan bertema Ramadan dengan rangkaian huruf yang telah diwarnai sebelumnya.

“Tampak anak-anak penuh ceria dan bersemangat. Seolah banyak yang lupa akan lapar dan hausnya berpuasa, Alhamdulillah,” tambah ustazah Sri Wahyuningrum sesaat sebelum memimpin acara doa bersama dan foto bersama.[Imalia]