Cerianya Ramahanku

14 May 2019 08:06:44

RABU - SELASA(7-14/5) sejumlah 928 siswa SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mengikuti serangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk yang sangat menarik sehingga semua siswa senang melaksanakan kegiatan ini dan merasa sedang tidak berpuasa.

“Pesantren Ramadan yang kami laksanakan memang dirancang untuk membantu para siswa dalam mengisi kegiatan ibadah dibulan Ramadhan. Harapannya siswa tetap menjalankan ibadah puasanya dengan ceria dan semangat. Karena kegiatan yang dilaksanakan dikemas sedemikian rupa sehingga ibadah tetap dijalankan dan siswa tetap ceria dan semangat.” Ungkap Ustadz Agus Tardian selaku Kepala SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu pengenalan fiqih Ramadhan agar siswa dapat mengerti dan memahami pengetahuan tentang Ramadhan, do’a harian, outbound dan outdoor Ramadhan yang menarik, permainan – permainan yang menyenangkan seperti permainan jejak tangan dan kaki, BIG (Ball in the Glass) Game, membuat ketrampilan dari barang bekas, I’tikaf siswa dan lain sebagainya.

Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pesram ini. Mereka tidak terasa sedang berpuasa. Permainan yang ada membuat para siswa bergembira, outbound dan outdoor mengajak para siswa untuk mentadaburi alam ciptaan Allah SWT, Do’a – do’a harian mengingatkan kembali akan adab – adab dalam melaksanakan segala sesuatu. Para siswa pun membuat celengan dari botol air mineral dan box snack bekas yang dikreasikan menjadi bentuk masjid yang sangat indah. Para siswa kelas 4-6 juga melakukan kegiatan I’tikaf di masjid – masjid yang ada di derah Purwokerto. Dalam kegiatan ini siswa berlatih untuk ber I’tikaf sehingga kelak di sepuluh hari terakhir mereka dapat melaksanakan kegiatan I’tikaf dengan ayah dan saudara mereka. Semoga para siswa diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah puasanya sampai di akhir Ramadhan.