Dauroh dan Iktikaf untuk Siswa

16 May 2019 09:11:42

RAMADAN memang cukup istimewa, banyak kegiatan yang disiapkan secara khusus agar siswa dapat meraih banyak kebaikan selama Ramadan. Di antaranya kegiatan dauroh dan iktikaf untuk para siswa SMP Boarding School Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, yang digelar pada 8-18 Mei 2019.

Kegiatan dauroh digelar untuk para siswa putri berupa membantu mengajar adik-adik siswa TK-SD dan pengajian ibu-ibu di Somagede, Banyumas. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran dakwah dan sosial para siswa boarding school.

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membangun ukhuwah islamiyah dengan masyarakat sekitar, dan yang paling utama tentu saja untuk meningkatkan kualitas keilmuan para siswa sekaligus berperan dalam membantu mendidik generasi Islam di masyarakat,” terang ustaz Nandi Mulyadi, M.Pd.I., kepala sekolah.

Sementara itu, para siswa putra mengikuti kegiatan itikaf yang dilaksanakan di daerah Gandatapa-Banyumas dan Cilongok-Banyumas. Yakni, menginap di masjid untuk memfokuskan diri dalam beribadah dan meningkatkan kualitas hafalan Alquran. Tak hanya itu para siswa putra juga turut membantu kegiatan TPA di masjid setempat. Sebelum Iktikaf, para siswa juga turut membantu para siswa SD setempat untuk belajar dengan giat ceria.

 “Semua siswa sangat antusias dengan suasana baru dan pengalaman baru, semoga dengan kegiatan dauroh dan itikaf pada bulan Ramadhan ini mampu mewarnai suasana Ramadan dan akan menjadi kebiasaan baik yang diteruskan setelah Ramadan," tambah Ustaz Nandi Mulyadi.[]